Sabtu, 22 Maret 2014

4 Tips Kreativitas PIXAR


Cartoon Conservative. Film Animasi, berbeda dengan film live shoot manusia. Di dalam live shoot, terdapat berbagai kesalahan take yang disebabkan human error, misalnya lupa naskah, suara yang tidak jelas, blibet, atau ekspresi aktor yang belum sesuai dengan keinginan sutradara. Sedangkan di film animasi, secara logika tentu tidak ada kesalahan-kesalahan human error dalam take, karena setiap aspek dirancang dengan seksama sejak awal.

Di beberapa film animasi, pada saat credit title, kadang kala ditampilkan beberapa tokoh kartun yang sedang beradegan salah, misalnya si Mermaid melakukan kesalahan dialog, atau si Donal Bebek melakukan kesalahan lupa naskah, tentu hal ini menjadi kelucuan tersendiri dalam logika animasi.

Berikut ini sedikit artikel dari pembangun PIXAR : (dicopy sesuai sumber)
sumber : http://mizan.com/news_det/4-rahasia-dibalik-kreativitas-pixar.html

Siapa yang tak mengenal Pixar, studio film animasi berbasis CGI yang telah menelurkan film-film terkenal di dunia? Apa yang membuat film-film Pixar begitu memukau? Tentu saja karena ceritanya yang menarik dan keapikan animasinya yang tampak begitu nyata, berbeda dengan film kartun yang biasa kita saksikan sebelumnya.

Cerita yang begitu imajinatif dan kreatif adalah salah satu ciri utama Pixar. Anda tentu sulit membayangkan bagaimana sebuah rumah bisa terbang dengan ribuan balon, atau bagaimana kisah petualangan seekor ikan kecil yang tampak sederhana ternyata mampu memukau dunia. Ya, kreativitas adalah kuncinya. Ed Catmull, presiden Pixar yang sekaligus menjadi pendiri studio animasi ini, memiliki prinsip bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi kreatif. Sayangnya, terkadang ada hal-hal tertentu yang membuat kreativitas itu mengendap jauh di dasar diri kita. Nah, apa sajakah yang harus dikeluarkan untuk mengeluarkan kreativitas itu? Inilah empat rahasia kreativitas yang dibagi Catmull untuk kita.

Dorong kejujuran
Ketika sekelompok orang melakukan sesuatu yang baru, menurut Catmull, penting untuk menyediakan sebuah lingkungan yang aman untuk bisa bersikap jujur. Orang-orang biasa menyembunyikan kejujuran untuk berbagai alasan, termasuk kesopanan, menghormati atasan, atau takut dipermalukan. Menurut Catmull, sebagian besar perusahaan tidak menciptakan kebudayaan yang aman bagi orang-orang untuk berkata jujur, dan itu dapat menekan kreativitas.

Buat kesalahan
Catmull menekankan bahwa membuat kesalahan yang benar adalah sebuah hal yang penting. Kesalahan yang benar itu adalah ketika kita mencoba sesuatu, lalu gagal, dan kita belajar dari kegagalan itu. Industri kreatif berbeda dengan industri penerbangan ataupun pengobatan, yang tidak menoleransi kesalahan, sehingga menurut Catmull, tugas mereka bukanlah mencegah kesalahan, tapi menanggapi kesalahan.

Melindungi hal baru
Bagi Catmull, menjadi kreatif berarti “melindungi hal baru”. Ketika melakukan baru, kita tidak selalu tahu apakah hal tersebut akan berhasil atau sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan, tapi penting untuk mencegah agar hal baru itu tidak dilupakan begitu saja. Di Pixar, dalam sebuah film dibutuhkan kurang lebih 300 orang. Tim kreatif membawa ide mereka ke tim produksi, yang melaksanakan ide kreatif itu dengan cara yang paling efisien. Meskipun mungkin tidak selalu sama dengan apa yang dibayangkan oleh tim kreatif, tapi tetap menciptakan suatu hal yang baru dan menakjubkan.

Mengetahui hal yang tidak diketahui
Ketika berusia 12 tahun, Catmull bersama keluarganya mengendarai mobil di sebuah jalanan gunung yang curam di Taman Nasional Yellowstone, ketika mobil mereka bertabrakan dengan sebuah mobil lainnya. Jika kedua mobil ini lebih dekat dua inci saja, maka keluarga Catmull pasti sudah berada di dasar jurang. “Dua inci saja, dan tidak akan ada Pixar,” jelasnya. Ada begitu banyak “dua inci” di kehidupan ini yang tidak kita ketahui, seperti juga kreativitas, yang dapat dianalogikan sebagai pintu antara dua dunia yang berbeda. Satu sisi berisikan hal-hal yang telah kita ketahui, sementara sisi lainnya masih belum kita ketahui.

“Dalam dunia kreatif, kita harus berdiri di kedua sisi itu,” jelas Catmull.

Itulah empat rahasia kreativitas yang membuat Pixar berhasil menjadi salah satu studio animasi terbesar di dunia. Kreativitas adalah proses tiada henti yang harus terus diupayakan meskipun kita tidak tahu apakah hal itu akan berhasil ataupun tidak. [RDA/MNN]

Tidak ada komentar: