Kamis, 02 Agustus 2012

Dialog dengan Mas Jitet Koestana...

Kartunnya Mas Jitet
Cartoon Conservative -  Lewat tengah malam, 3 Agustus 2012, saya melihat mas Jitet Koestana meng-upload kartun ter-gres-nya di Facebook.. tertarik dengan kartun anyar tersebut, saya memulai ngobrol dengan sang maestro kartun.
SP (Septa Cartoon) : wah..garis TKP itu dikembangkan terus oleh mas Jitet.. salut salut.
TET (Jitet Koestana) : Memang harus seperti itu mas Septa Cartoon. Lebih baik mengembangkan kartun yang bagus daripada sebaliknya. Dulu, waktu awal-awal aku menekuni kartun, aku berprinsip demikian: Kartun yang baik adalah kartun yang benar-benar baru dan kartun yang tidak bisa dikembangkan lagi. sampai sekarang prinsip itu masih aku pegang.

SP : ow.. kartun yang tidak bisa dikembangkan lagi".. di jagad kartun ini, apakah pernah ada gambar kartun yang benar-benar sudah mentok..?
TET : Banyak mas Septa. coba deh lihat katalog2 kontes kartun internasional.



SP : wah begitu ya, coba nanti sy amati lagi.. hal itu terjadi karena apakah Mas? ..apakah temanya memang khusus, bahasa simbolnya terlalu spesifik, atau bagaimana?
TET : Itu bisa terjadi di tema atau non tema.
SP : wah, begitu to... klo penilaian juri2 dari luar itu sebenarnya penilaiannya aspek aja saja ya mas?
TET : Beda beda . . . Biasanya sesuai dengal latar belakang budaya nagara masing masing. Karena, kartun yang menang di Jepang, misalnya, belum tentu menang di Polandia atau Rumania.
SP : wah ..berarti memang jagad kartun ini, sebegitu seriusnya ternyata.. wah makasih mas, jawabannya.. kami nanti akan bertanya-tanya lagi... hehehe
TET : Oke . . .
Begitulah dialog singkat kami via komen FB... dan semoga nanti ada kesempatan lagi untuk bertanya-tanya lagi...     salam kartun..

Tidak ada komentar: