Minggu, 26 Agustus 2012

Sekilas Mewujudnya Divisi Cartoon Conservative


Cartoon Conservative- Syahdan, suatu hari, seorang kawan mahasiswa bertanya kepada saya, apa sebenarnya gambar kartun itu? jenisnya apa saja? juga sejarahnya bagaimana?

Saat itu, saya sebagai mahasiswa juga, tidak bisa menjawab, karena memang tidak ada (atau saya yang belum menemukan) definisi yang akurat untuk menjelaskan "makhluk" berjuluk Kartun.

Sejak saat itu, saya keluar masuk beberapa perpustakaan di Yogyakarta. saya lalu membuka-buka Ensiklopedia, mulai dari Americana hingga Grolier, dari kamus Junior, hingga kamusnya Hasan Saddily.

Beberapa definisi mulai saya tulis dengan tangan, terutama definisi "Cartoon", "Carricature", "Comic", "Comic Strip", dan "Humor". kadangkala kata kunci "Illustration" juga saya catat.



Kumpulan catatan tangan itu, kemudian meningkat menjadi mengumpulkan artikel-artikel di koran dan majalah, juga artikel diinternet, yang lalu dibuat kliping.

Selain itu, saya juga berburu buku-buku tentang seluk beluk kartun, mulai dari majalah hingga buku-buku teori, makalah-makalah, jurnal ilmiah tentang kartun dan perkembangannya.

Gambar-gambar kartun dari website juga saya kumpulkan.hingga kini sudah mencapai angka belasan ribu gambar.

Kini, saya mempunyai ambisi untuk selalu menyelamatkan data tentang kartun, dan untuk mengorganisir kegiatan ini, saya lalu membuat brand "Cartoon Conservative".

Logonya adalah berasal dari huruf "C" dan "C" (Cartoon Conservative), berwarna orange (semangat baru), serta berbentuk puzzle ( sifatnya yang mengkoleksi dan menyusun informasi layaknya puzzle).
hingga kelak, diharapkan akan muncul informasi baru, teori baru, ide baru mengenai kartun.

Visi :
Menjadi Pusat Informasi Kartun di Indonesia

Misi :
Menjadi Database bagi semua informasi tentang Kartun
Mengembangkan sistem manajemen pengarsipan kartun di Indonesia
Menjadi pusat studi bagi mahasiswa dan pelajar, atau yang mengadakan penelitian Kartun.

Tidak ada komentar: