Senin, 27 Agustus 2012

Ketika Lukisan Realis di'KARTUN'kan




Pernahkah Anda menonton "Bean", film tahun 1997 yang diperankan si Rowan Atkinson ini bercerita tentang dirinya yang berusaha memperbaiki lukisan namun malah merusaknya. (baca: meng"absurd"kannya). Kejadian itu kini menjadi kenyataan, simak beritanya berikut ini : 


Lukisan dari Abad 19 Rusak Saat Direstorasi
Oleh Jordan Chittley | Daily Buzz

Cecilia Gimenez mengakui menyebabkan kerusakan pada karya Elias Garcia Martinez, namun menurut dia, seorang pendetalah yang menyuruhnya untuk memperbaiki lukisan tersebut.



Tiga lukisan ECCE Homo karya pelukis Elias Garcia Martinez. Gambar kiri adalah yang asli sementara yang paling kanan setelah direstorasi. Seorang wanita tua yang merusak lukisan Yesus dari abad ke-19 mengatakan bahwa para pendeta tahu apa yang dia lakukan terhadap lukisan tersebut.
Cecilia Gimenez yang berusia 80an mengatakan pada BBC bahwa gereja selalu memperbaiki karya seni yang rusak di gedung tersebut dan para pendetalah yang meminta dia untuk memperbaikinya. Gimenez menyanggah bahwa dia bekerja sembunyi-sembunyi dan merahasiakan upaya perbaikan lukisan tersebut.
Gimenez bukanlah ahli restorasi lukisan, namun ia mencoba memperbaiki lukisan Ecce Homo oleh Elias Garcia Martinez setelah rusak. Para petugas di Gereja Sanctuary of Mercy di Zaragoza, tempat lukisan tersebut disimpan, kini kelimpungan mencari cara apakah lukisan tersebut bisa diselamatkan.
Lukisan ini tergantung di tembok gereja di Spanyol selama lebih dari 120 tahun, namun kelembaban selama 18 bulan terakhir menyebabkan karya seni ini menjadi rusak.
Menurut The Telegraph, Gimenez kesal dengan kerusakan itu sehingga berupaya memperbaikinya sendiri. Gambar di atas menunjukkan versi asli lukisan di kiri, kerusakan di tengah, dan upaya perbaikan yang dilakukan Gimenez.
"Hasilnya seperti musibah dan kami tengah berkonsultasi dengan para pakar untuk melihat apa yang bisa dilakukan," kata Javier Silvestre, penasihat budaya di Balai Kota Borja, kepada Telegraph. Upaya perbaikan yang gagal ini baru ketahuan saat cucu perempuan sang seniman memberikan uang untuk memperbaiki lukisan kuno tersebut dan seorang pakar dikirim untuk melihatnya. Awalnya, pejabat gereja berpikir lukisan tersebut dirusak, namun kemudian Gimenez mengakui apa yang ia lakukan.

Nilai dari lukisan asli ini diperkirakan sangat tinggi. Kini gereja berpikiran untuk menuntut G
imenez.
Ada-ada saja ya.. 
Kini, beberapa orang iseng dengan segera membuat "karya-karya parodinya", seperti :




Si Restorator sedang memperbaiki Ecce Homo berdasarkan  cita rasanya sendiri.

"Perjamuan Terakhir" berwajah sama semua.

Monalisa yang Aneh
Poster ala kampanye "Hope"nya Obama

Tidak ada komentar: